Info Beasiswa

MOHON PERHATIAN!

Jika Anda sedang mencari info beasiswa terbaru, kami persilahkan untuk mengunjungi situs-situs beasiswa berikut:

1.Info beasiswa dalam dan luar negeri: -> Scholarshipinfo.us

Join info beasiswa dalam negeri dan luar negeri via email, click here

Info beasiswa dalam negeri dan luar negeri yg lebih lengkap dan diupdate setiap hari dapat dilihat di animasi banner beasiswa di bawah.  Untuk info selengkapnya klik animasi banner beasiswa yg sesuai.

Bagi pencari beasiswa pemula, berikut tip & trick sangat bagus dalam mencari beasiswa dari Sdr. Amwibowo.

Tips Beasiswa Luar Negeri

Beasiswa S2 dan S3 Luar Negeri

Berikut ini adalah beberapa teknik-teknik mendapatkan beasiswa sekolah untuk jenjang S2 dan S3 ‘gratis’ di luar negeri.

Pengantar
Penulis sering ditanya bagaimana caranya bisa bersekolah ‘gratis’ di luar negeri. Saya memberikan tanda kutip pada ‘gratis’ karena sebenarnya tidak 100% modal dengkul. Dalam beberapa kasus, at least kita harus bekerja terlebih dahulu untuk mengumpulkan uang untuk tiket pesawat + biaya hidup bulan pertama, dan situasi mungkin tidak memungkinkan kita untuk berkeluarga terlebih dahulu.

Jenis beasiswa yang akan saya utarakan pertama adalah jenis beasiswa yang kansnya tinggi untuk mendapatkannya. Biasanya beasiswa jenis ini adalah beasiswa jenis riset, dan untungnya, hampir semuanya tanpa ikatan dinas. Untuk beberapa jenis beasiswa, mereka lebih senang kalau sang pelamar bekerja untuk institusi pendidikan, lembaga penelitian, atau LSM.

Satu rule of thumb yang patut dihayati adalah: ‘kita harus berkelat-kelit untuk mendapatkan beasiswa S2, tapi relatif jauh lebih mudah untuk mendapatkan beasiswa S3’. Makanya jika Anda mengejar waktu, sebaiknya ambil dulu S2 di Indonesia, sambil juga melamar S2/S3 di tempat lain. Kalau dapat S2 gratis di luar negeri, ya yang di Indonesia ditinggal saja.

Daftar Beasiswa Berdasarkan Negara

Secara umum, beasiswa ini memiliki karakteristik:tidak memiliki ikatan dinas sama sekali
mahasiswa harus mengerjakan penelitian sesuai minatnya, dan sekaligus sebagai thesisnyastrong>

1. Amerika Serikat
Biasanya sekolah sekolah bagus di Amerika Serikat, (katakanlah top 50 pada bidangnya) sering memberikan beasiswa yang disebut stipend, meskipun baru mahasiswa S2. Besarnya stipend sekitar US$1000-1400, tergantung lokasi. Yang jelas cukup sekali untuk hidup. Mahasiswa yang menerima stipend itu, juga tidak perlu membayar uang sekolah (tuition fee). Lamanya stipend adalah per semester, tapi saat summer biasanya diberikan pekerjaan lain di universitas (mostly guaranteed). Kalau sedang sial (jarang sekali), tidak dapat assistantship untuk semester itu, ya pulang saja ke Indonesia dahulu.Syarat penting mendapat beasiswa adalah harus mau menjadi teaching assistant atau research assistant. Teaching assistant bertugas membantu proses belajar-mengajar di kelas, seperti fotokopi, setup komputer di lab untuk kelas itu, memeriksa tugas-tugas, dan memberikan tutorial di luar jam kelas. Sedangkan research assistant bertugas membantu professor di lab, seperti membuatkan program untuknya, mengatur laboratioriumnya, membuat dokumentasi riset dan sebagainya. Mahasiswa selain melakukan penelitian, juga masih diwajibkan untuk mengambil coursework (kelas).Memang harus diakui bahwa ada beberapa sekolah terkenal yang hanya memberikan jaminan beasiswa kepada mahasiswa S3. Untungnya, di AS, mahasiswa S1 bisa langsung masuk program S3, dimana di tengah-tengah perjalanan menumpuh S3 itu ada sertifikat bahwa ybs sudah melampaui jenjang S2. Jadi bisa ngerti sendirilah … :-pUntuk mendaftar ke pendidikan pascasarjana ke AS, biasanya mereka mengharuskan pelamar memberikan hasil nilai TOEFL dan GRE General Test resmi dari ETS (www.ets.org). Beberapa universitas terkemuka juga mengharuskan mengambil GRE Subject Test, misalnya GRE Computer Science, GRE Biology, GRE Economics, dan sebagainya. Di Jakarta, cabang ETS terletak di Menara Emporium, Jl.Rasuna Said, Kuningan. Biaya TOEFL sekitar US$60, GRE sekitar US$120. Kalau punya TOEFL > 580 (standar nilai lama) dan GRE General Test > 1750 saya sarankan pergi ke AS.Bahkan, saya sarankan untuk mendaftar di top 20 jika memiliki GRE > 1900. Go for it!

Pelamar dapat mendownload formulir pendaftaran langsung dari website universitas tersebut. Dalam formulir pendaftaran itu, biasanya ada pertanyaan dari mana sumber pendanaan untuk kuliah nanti. Pilihlah option untuk ‘menggantungkan sepenuhnya pada universitas dengan stipend assistantship’. Biaya pendaftaran biasa antar US$30-$60.

Kemudian mereka biasanya menyuruh kita untuk membuat statement of purpose. Tujuan dari statement of purpose adalah untuk meyakinkan bahwa Anda layak dapat beasiswa. Anda harus menunjukkan ‘kemampuan’ Anda, jangan malah merendahkan diri! Statement of purpose isinya:

mengapa kita ingin melakukan pendidikan tinggi
bidang peminatan kita apa, kalau bisa tunjukkan sedikit pengetahuan Anda mengenai ‘trend’ di bidang riset itu.
mengapa kita ingin melakukan riset di bidang itu
kalau sudah selesai mau jadi apa dan mau bekerja di mana (akademisi, industri, profesional, etc.) sebagai apa
Selain itu Anda sebaiknya juga menceritakan:

kalau mungkin, tunjukkan bahwa Anda memiliki kompetensi di bidang itu (jadi memang ada baiknya dari sekarang Anda sudah memiliki bidang yang fokus).
tunjukkan bahwa Anda bisa menjadi asisten pada mata kuliah S1 apa saja (jika jadi teaching assistant). Tapi jelaskan pula bahwa Anda bisa ‘fleksibel’.
Karena biasanya statement of purpose itu harus singkat dan lugas (sekitar 1/2 halaman, max 1 halaman), kalau perlu Anda menceritakan 2 point di atas di luar statement of purpose. Tapi kalau masih muat, ya masukkan saja dalam statement of purpose.

Sebelum mendaftar, ada baiknya jika Anda memastikan terlebih dahulu bahwa bidang Anda minati, ada profesor yang memiliki minat yang kurang lebih sama di universitas itu. Sebaiknya, bercakap-cakap dahululah dengan profesor tersebut, katakan bahwa saya tertarik untuk melakukan riset. Tanyakan pula apakah dia berminat mengambil Anda menjadi mahasiswanya. Jangan lupa cari muka sedikit :-). Hal ini akan sedikit memperlicin jalan saat seleksi mahasiswa baru. Sekedar info, biasanya universitas di AS tidak meminta research plan yang kongkrit, karena baru saat di sana nanti merencanakan riset.

By the way, sebelum pergi ke AS, kita juga harus memiliki persediaan uang selama satu bulan ($1500+), plus tiket pesawat ke Amerika Serikat.(sekitar $700).

——————————————————————————–
2. Kanada
Sama seperti Amerika Serikat, dan banyak diantara mereka tidak memerlukan GRE Subject Test. Meskipun ada Canadian Education Centre (CEC) di World Trade Center, Jl.Jendral Sudirman, tapi saya pikir cukup ke website universitasnya saja.

——————————————————————————–
3. Jerman
Di negara-negara Eropa daratan (excluding British), biasanya tidak mengenal program bachelor (S1), karena bachelor adalah pola pendidikan Anglo-Saxon. Yang bisa dibilang dekat dengan S1-nya adalah program-program politeknik. Nah, oleh karena itu lulusan S1 Indonesia harus diupgrade agar sama dengan lulusan uni Eropa daratan, yakni Doktorandus (Drs), Diplom (Dipl) atau Licente (Lc). Gelar kesarjanaan ini sama dengan S2.

Seperti banyak kita ketahui, universitas-universitas di Jerman sama sekali tidak memungut biaya. Tapi tentu saja kita harus memiliki sumber pendanaan untuk biaya hidup.

DAAD (www.daad.de) adalah lembaga Jerman yang menyediakan informasi pendidikan dan juga informasi beasiswa di Jerman. Kantornya di Jakarta berlokasi di Gedung Sumitmas II, Jl.Jendral Sudirman, di depan Depdikbud. Mereka memiliki program beasiswa setiap tahun. Skim beasiswa yang disediakan DAAD mencakup S2, S3, sandwich program, riset 3-6 bulan, dan juga postdocotoral research. Tiket pesawat disediakan. Kalau dapat beasiswa dari DAAD, bisa modal dengkul.

Ada pula beasiswa dari industri seperti dari Siemens besarnya 1200 DM. Tidak harus pegawai negeri.

Untuk belajar di Jerman tidak harus melalui DAAD. Kalau untuk S3, setiap mahasiswa S3 pasti mendapatkan beasiswa. Jadi bisa saja setelah Anda lulus S2, Anda langsung mencari universitas di Jerman yang kebetulan ada profesor yang bidangnya sama dengan bidang peminatan Anda, dan melamar. Tapi tentu Anda akan butuh mencukupi sendiri biaya hidup 1 bulan dan tiket pesawat ke Jerman.

Untungnya, berbeda seperti di AS dan Kanada, biasanya di Jerman, Belanda, Austria, Belgia dan Switzerland, tidak memiliki kewajiban jadi teaching assistant atau research assistant. Kalaupun ada biasanya cuma 1 session tutorial per minggu. Tidak berat sama sekali. Kalaupun kita disuruh menulis paper, itu juga biasanya untuk kepentingan kita juga. Gaji (atau katakanlah beasiswa) kita cukup sekali untuk hidup.

Jangan lupa kontak profesornya dahulu (sama dengan cara yang di AS). Kirimkan pula statement of purpose dan research plannya. Kalau perlu diskusikan dahulu research plannya (biar cocok dengan pembimbingnya) sebelum mendaftar ke universitasnya.

Isi research plan itu standar-standar saja: latar belakang masalah, problem, metodologi penelitan, bagaimana kamu kira-kira akan memecahkan masalah tersebut, dll. Garis besarnya saja, asal bisa memberikan gambaran apa yang akan Anda teliti.

Saya sarankan untuk mengambil kursus bahasa Jerman di Goethe Institute, karena paling sedikit ada 3 negara yang menyediakan beasiswa, menggunakan bahasa Jerman, yakni Jerman, Switzerland dan Austria. Peluang beasiswa menjadi meningkat. Sudah begitu, kalau sudah bisa Jerman, belajar bahasa Belanda jadi gampang sekali.

Sebenarnya kalau Anda menempuh S3, dalam realitanya tidak harus menggunakan bahasa Jerman saat berdiskusi dengan peer atau profesor. Hal ini karena tidak banyak orang yang mau mengikuti program S3, dan biasanya universitas itu yang ‘membutuhkan’ mahasiswa S3. Cuma, untuk meningkatkan probabilitas mendapatkan beasiswa, kenapa tidak belajar bahasa Jerman?

——————————————————————————–
4. Belanda
Sama persis dengan Jerman, hanya saja nama lembaga penyalur informasi pendidikannya adalah Netherlands Education Center (NEC). Di Jakarta lokasinya di Gedung Patra Jl.Gatot Subroto, Kuningan. Kantornya bersebelahan dengan kantor kamar dagang Belanda di Indonesia.

Sekolah di Belanda juga gratis, tapi yang international programme biasanya tidak gratis. Pemerintah Belanda juga menyediakan skim beasiswa yang saingannya lumayan banyak, namanya beasiswa TALIS.

NEC juga menyediakan informasi beasiswa tahunan yang disediakan langsung oleh universitas-universitas di Belanda. Selain itu ada juga program-program internasional yang berbahasa Inggris. Sayangnya untuk level S2 (Drs, Ir.), beasiswa kelas-kelas berbahasa Inggris itu biasanya cuma 1/2 uang tution fee dan sulit mendapatkannya.

Untuk S3, gratis dan digaji, sama seperti Jerman.

Informasi lebih lanjut bisa hubungi:

Netherlands Education Centre
Citra Graha 7th floor, suite 703
Jl. Jend. Gatot Subroto kav. 35-36
Jakarta 12950
Indonesia
Phone (62 21) 5200453, 5201085
Fax (62 21) 5200457
E-mail: necjkt@ibm.net

——————————————————————————–
5. Austria & Swiss
Secara umum sama seperti Jerman. Tiap tahun kedutaan Austria dan Switzerland juga menyediakan beasiswa, namun berbeda dengan Belanda dan Jerman, mereka tidak menyediakan beasiswa S2 sama sekali. Yang mungkin adalah gelar S2 dari Indonesia, tapi sandwich di sana (penelitian 6 bulan – 1 tahun). Tapi tentu masih mendapat sertifikat. Selain itu tentunya beasiswa dari kedutaan Austria dan Switzerland juga ada yang untuk S3. Semuanya lengkap dengan tiket pesawat dan ongkos hidup. Practically bisa dengan modal dengkul kalau dapat beasiswanya.

Saat interview di kedutaan biasanya akan ditanya hal-hal yang sama seperti dalam statement of purpose dan research plan. Di kedutaan Swiss juga ada test bahasa, sekedar untuk menguji saja, toh nanti juga disekolahkan di sekolah bahasa di Swiss sebelum masuk kuliah. Tergantung Anda memilih sekolah di mana, ada universitas di Swiss yang berbahasa Perancis, seperti misalnya di Geneva. Tapi kalau di sebelah utara dan timur, umumnya berbahasa Jerman.

Anda juga bisa daftar langsung ke universitas yang bersangkutan, terutama untuk program S3, dengan cara sama seperti Jerman & Belanda. Gratis dan digaji juga.

E-mail kedutaan besar Swiss (di Jl.Rasuna Said, dekat Erasmus Huis): swiemjak@rad.net.id

——————————————————————————–
6. Jepang
Sebenarnya kalau sampai di Jepang sana, cukup banyak beasiswa, namun sayangnya tidak banyak yang full membiayai uang kuliah dan biaya hidup. Bahkan untuk S3 saja juga harus bayar.

Pemerintah Jepang menyediakan juga beasiswa Monbusho kepada orang-orang Indonesia. Ada dua jenis beasiswa Mombusho. Yang pertama pelamar harus pegawai negeri atau dosen. Melalui jalur ini, pelamar kalau lolos seleksi akan dicarikan pembimbing/profesor yang cocok sesuai minat. Sedangkan yang satu lagi sang pelamar harus aktif mencari sang profesor, dan menanyakan apakah si profesor tersebut bersedia menjadi pembimbing riset pelamar. Klik di sini untuk informasi lengkap mengenai beasiswa Monbusho.

Di kedutaan Jepang Jl.MH Thamrin, terdapat perpustakaan yang berisi informasi pendidikan tinggi di Jepang.

Informasi mengenai beasiswa di Jepang di bawah ini saya dapatkan dari rekan saya Rahmat:

a. INPEX Foundation
Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang. Beasiswa ini tidak mengikat (tidak ada ikatan dinas). Test dan sistem seleksinya diadakan di Indonesia. Beasiswa ini mengcover juga tiket pp Indonesia – Jepang. Pendaftaran dibuka dari tanggal 1 Agustus dan deadline penyerahan dokumen tanggal 15 Nopember. Besarnya beasiswa 160.000 yen/bulan. Uang kuliah, uang
pendaftaran, uang ujian masuk ditanggung semua oleh sponsor. Formulir applikasinya bisa di dapat di alamat berikut :
14 F Ebisu Neorato 4-1-18 Ebisu, Shibuya-ku, Tokyo 150-0013 JAPAN

b. The OKAZAKI Kaheita International Scholarship Foundation
Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang. Beasiswa ini tidak mengikat (tidak ada ikatan dinas). Test dan sistem seleksinya diadakan di Indonesia. Beasiswa ini mengcover juga tiket pp Indonesia – Jepang. Formulir applikasinya bisa di dapat di alamat berikut :
3-2-5 Kasumigaseki, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0013 JAPAN

c. The Hitachi Scholarship
Beasiswa ini bisa untuk S2 ataupun S3. Syaratnya harus alumni dari ITB, UI, UGM, IPB dan formulir bisa diambil dan ditanyakan dari rektorat masing-masing universitas tsb diatas. Beasiswa ini juga mengcover tiket pp Indonesia – Jepang, uang kuliah, uang pendaftaran, uang ujian masuk, perumahan ditanggung juga, dan uang beasiswa 180.000 yen/bulan. Informasi lebih lanjut bisa di dapat di :
1-5-1 Marunouchi, Chiyoda-ku, Tokyo 100-0005 JAPAN

d. Matsushita Electric Industrial Co., Ltd
Panasonic Scholarship Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang. Tidak ada ikatan dinas dalam beasiswa ini. Pendaftaran dibuka bulan February – Maret. Beasiswa ini juga mengcover tiket pp Indonesia – Jepang. Uang kuliah, uang
pendaftaran, uang ujian masuk ditanggung oleh sponsor, uang beasiswa 200.000 yen/bulan.
Informasi lengkap lihat di http://www.panasonic.co.id/
atau kontak e-mail : PAN11311@pas.mei.co.jp
Panasonic Scholarship, Matsushita Electric Industrial Co., Ltd
1006 Kadoma Osaka, 571-8501 JAPAN

e. Beasiswa dari Aichi Prefecture, Aichi Scholarship
Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang. Tidak ada ikatan dinas dalam beasiswa ini. Deadline penyerahan application 20 Mei. Syarat yang harus dipenuhi, Universitas yang dipilih harus berada di Aichi Prefecture. Uang kuliah, uang pendaftaran, uang ujian masuk ditanggung oleh sponsor, uang beasiswa 185.000 yen/bulan. Informasi lebih lanjut bisa di dapat di : Aichi Prefectural Office, 3-1-2 Sannomaru, Naka-ku, Nagoya-shi, Aichi 460-01 JAPAN

f. The Japan Securities Scholarship Foundation
Beasiswa ini untuk melanjutkan S2 di Universitas Jepang. Tidak ada ikatan dinas dalam beasiswa ini. Application dari bulan Januari sampai Mei. Beasiswa mengcover tiket pesawat, Uang kuliah, bantuan biaya perumahan (apartemen), dan uang beasiswa bulanan sebesar 120.000 yen. Beasiswa ini diberikan buat jurusan Social Science, Humanities. Informasi lebih lanjut bisa di dapat di :
Tokyo Shoken Building
5-8 Kayabacho, 1-chome, Nihonbashi, Chuo-ku, Tokyo 103-0025 JAPAN

——————————————————————————–
7. Singapura
Singapura memiliki dua universitas ‘negeri’, yakni National University of Singapore (NUS), dan yang lebih baru yakni Nanyang Technological University (NTU). Memang harus diakui bahwa NUS bukan sekolah ‘bule’ (meskipun banyak pengajarnya dari manca negara), tapi peringkat NUS selalu berada di top 10 universitas di Asia, dan selalu diatas seluruh universitas Australia. Meskipun untuk orang awam seolah-olah tidak membanggakan (karena bukan sekolah bule), namun reputasi internasional NUS memudahkan mahasiswanya dan lulusannya untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi.

Beasiswa yang disediakan oleh pemerintah Singapura melalui kedua universitas itu ada yang berbasis coursework (sulit masuknya, saingannya ketat dari seluruh ASEAN), dan ada lagi yang berbasis riset S2/S3 (lebih mudah). Untuk mendapatkan beasiswa berbasis riset, dalam formulir pendaftaran (download dari http://www.nus.edu.sg atau http://www.ntu.edu.sg) juga lampirkan proposal riset (research plan). Bahkan kadang-kadang bisa tanpa proposal riset, dengan cara bercakap-cakap dengan profesornya terlebih dahulu (via e-mail) dan meminta sang profesor memberikan alternatif research plan. Pokoknya asal menunjukkan minat melakukan penelitian.

Beasiswa (gaji) bulanan yang diterima adalah SG$1400, tanpa tiket pesawat (kecuali yang ASEAN scholarship). Biaya hidup bulanan (hidup enak) sekitar SG$1000, jadi masih bisa menabung SG$400 per bulannya.

——————————————–
8. Australia & Inggris
Seperti kita ketahui Australia menyediakan beasiswa tahunan AusAID yang saingannya berjibun. Pusat informasi pendidikan Australia adalah IDP, berlokasi di Jl.Rasuna Said.

Sedangkan Inggris juga menyediakan beasiswa S2 dan S3 tahunan (British Chivening) yang pelamarnya banyak sekali. Informasi tersebut bisa didapatkan di British Council, Widjojo Centre. Beasiswa diberikan kepada 80% pegawai negeri dan 20% swasta.

Perlu diberitahukan juga bahwa di British Council tersebut juga sering ada pengumuman beasiswa untuk S2/S3, hanya saja sayangnya hampir semua beasiswa tersebut parsial (misalnya 1/2 uang tuition).

Australia dan Inggris adalah negara-negara yang terkenal pelit dalam soal beasiswa, mentang-mentang pakai bahasa Inggris. Kasarnya, mereka mengkomersilkan pendidikan. Bahkan untuk S3, harus bayar. Kalaupun ada program beasiswa, saingannya banyak sekali.

Tapi jangan putus asa. Kalau ada kemauan, maka ada jalan. Beberapa universitas di Australia, menyalurkan beasiswa riset dari pemerintah Australia untuk jenjang S2/S3 terbatas kepada pelamar internasional (bukan AusAID), termasuk biaya hidup (tanpa tiket pesawat dan settlement cost). Hanya saja saingannya lumayan banyak, meskipun tidak seketat AusAID. Dalam formulir pendaftaran yang biasanya bisa didownload langsung dari website universitas, jangan lupa cantumkan statement of purpose dan research plan.

Tapi saya juga pernah ditawari untuk mengajar program bachelor di Australia (mungkin saat itu mereka sedang kekurangan dosen), sekaligus mengambil program S3. Jadi ada kans untuk mengajar atau jadi tenaga peneliti, sekaligus mengambil S3. Tinggal pintar-pintarnya kita saja membujuk mereka agar mau mengambil kita. Manfaatkan kunjungan-kunjungan lembaga pendidikan Australia ke Indonesia untuk merekrut mahasiswa S1, untuk mencari kemungkinan S3 sekaligus bekerja di universitas itu.

Kemudian University of Cambridge (www.cambridge.ac.uk) juga menyediakan beasiswa lepasan tanpa ikatan dinas.

Sumber: Amwibowo

Tips Beasiswa (Scholarship)

Download Panduan Mendapat Beasiswa Luar Negeri dari DIKTI

Panduan Program Hibah Kompetisi Institusi (PHKI) DIKTI

Download Info & Formulir Beasiswa

Jepang:

Soal-soal Ujian & Kunci Jawaban Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) 2007

Program Sarjana S1 (Undergraduate)

Program Beasiswa untuk Research Students

Jerman:

Undergraduate

Graduates (S1 S2)

Prancis:

UIN SUKA Yogya

Join our newsletter to receive this scholarships info beasiswa dalam negeri dan luar negeri via email, click here

610 Responses “Info Beasiswa” →

  1. yusuf mange

    Desember 23, 2009

    sy alumni S2 Th.2005 tetapi niat sy mau melanjutkan ke program S3 dengan menggunakan jalur beasiswa…….. bagai mana caranya ???Mohon bantuan dan kami menunggu balasan ke email sy…atau ke alamat sy …Jl.RA.Kartini depan penginapan kartini kel.s.binangae.kabupaten barru sulawesi selatan

    Balas
  2. sy alumni S2 Th.2005 tetapi niat sy mau melanjutkan ke program S3 dengan menggunakan jalur beasiswa…….. bagai mana caranya ???Mohon bantuan dan kami menunggu balasan ke email sy…atau ke alamat sy …Jl.RA.Kartini depan penginapan kartini kel.s.binangae.kabupaten barru sulawesi selatan kode pos 90711 atau No.hp.0811443772

    Balas

  3. nurfalihatin

    Desember 27, 2009

    saya ingin dapat beasiswa S2 didalam negri gmn caranya…cz g!ga biaya

    Balas
  4. aku lulusan SMA, pengen banget kuliah di luar negeri melalaui jalur beasiswa. minta infonya, ya…

    Balas

  5. andreas

    Januari 3, 2010

    Saya mahasiswa S1 kedokteran di universitas swasta dalam negeri, dan saya ingin mengetahui apakah ada info program beasiswa untuk pendidikan dokter spesialis di luar negeri?
    Apa saja syaratnya?
    Perkiraan biaya yang dikeluarkan?

    Thanks…

    Balas

  6. andreas

    Januari 3, 2010

    Saya mahasiswa S1 kedokteran di universitas swasta dalam negeri, dan saya ingin mengetahui apakah ada info program beasiswa untuk pendidikan dokter spesialis di luar negeri?
    Apa saja syaratnya?
    Perkiraan biaya yang dikeluarkan?

    Kalo sudah ada balasannya bisa dikirim ke 94LL0p@gmail.com

    Thanks…

    Balas

  7. Dedo Ihsan

    Januari 3, 2010

    saya lulusan S1 Tehnik, dan ingin melanjutkan kuliah ke S2 dikota saya tinggal,namun karena tidak ada biaya, hal itu tak mungkin terwujud,ada nggak yayasan yang bisa membantu saya..saya sekarang bekerja sebagai staf disalah satu dinas di pemkab kutai kartanegara

    Balas

  8. Ade Irma, S.Pd

    Januari 6, 2010

    saya sedang kuliah S2 di UPI bandung, sekarang saya sedang membutuhkan biaya tambahan untuk kuliah saya ini, tolong info na dunk…

    Balas
  9. saya pns, minta info beasiswa s2 donk……………

    Balas

  10. Mimy Astuty Pulukadang, S.Pd.,M.sn

    Januari 14, 2010

    saya alumni ISI Surakarta Kajian Musik Nusantara tahun 2009, ingin melanjutkan studi s3 seni di dalam maupun di luar negeri…kalo ada beasiswa untuk s3 seni mohon infonya…

    Balas

  11. raja senja

    Januari 16, 2010

    saya masih sekolah da MAN.saya inginkan beasiswa s1 jurusan matematika murni.

    Balas

  12. raja senja

    Januari 16, 2010

    s1 matematika

    Balas

  13. KIKI IRMAYANTI

    Januari 21, 2010

    mu minta info Beasiswa buat th sekarang………..tolong y……….boleh langsung k email saya.

    Balas

    • nur hayati

      Januari 27, 2010

      satu lagi, beasiswa s2 guru dunk… tlh langsung kirim k e mail saya ya..

      Balas

  14. nur hayati

    Januari 27, 2010

    mohon infonya untuk beasiswa s2 jurusan peternakan di universitas yang ada di indonesia.lengkap dengan syaratnya. makasih sebelumnya.

    Balas
  15. mohon infonya untuk jurusan komunikasi atw hubungan internasional di australia ada ga ya?

    Balas

  16. Zaenul Slam

    Januari 31, 2010

    Saya saat ini kuliah di S3 Jurusan PKn UPI Bandung, mohon informasi peluang mendapatkan beasiswa bagi saya tahun 2010

    Balas
  17. tolong kasiq tau informasi beasiswa s1 ke australia berikut dengan persyaratannya ,,, terima kasih

    Balas
  18. Mohon infonya mengenai beasiswa S2 Indonesia tahun 2010…
    Lebih disukai univ. yg ada di manado
    Trims.

    Balas
  19. knp tdk menyediakan beasiswa utk smk / sma, sy sangat mengharapkan’y mungkin bkn hanya sy tapi smua org.knp kebanyakan beasiswa s1,s2,s3 dsb. sedangkan banyak org” di luar sana yg sangat mengharapkan adanya beasiswa smk /sma.karna sekarang dunia kerja banyk mambutuhkan lulusan” diatas sma min D3.khususnya di Bandung.sy mohon informasi mendapatkan beasiswa untuk sy tahun 2011, karna sy skrng baru kls XI smk.dr skrng sy mencari informasi tentang beasiswa karna sy sangat mengharapkan dpt melanjutkan sklh setelah sy lulus.smga pa yg sy tlskan d sini dpt dipertimbangkan,mohon informasi & persyaratan’y sy tunggu.

    Balas
  20. sy kan trs berusaha mencari informasi tentang beasiswa karna sy sangat mengharapkan dpt meneruskan sklh walapun faktor biaya yg tdk mendukung.

    Balas

  21. MUHAMMAD IRSYAD, SH.MH

    Februari 18, 2010

    Assalamualaikum ……. Saya mohon informasi beasiswa S3 program ilmu hukum di Perguruan Tinggi dalam negeri atau luar negeri malaysia dan singapura beserta syarat dan kwalifikasinya, sekarang saya sedang bertugas sebagai Hakim di Pengadilan Negeri ….. terima kasih atas infonya

    Balas
  22. 9s0ZhQ Thank you for the material. Do you mind if I posted it in her blog, of course, with reference to your site?

    Balas

  23. Aenudin

    Maret 20, 2010

    Assalamu’alaikum Wr.Wb. Terimakasih atas info dan tipsnya tentang beassiwa. Ini sangat berguna bagi saya. karena saya mempunyai planing untuk melanjutkan studi S3 di luar negeri tentang human and education sciences. Saya lulusan S1 Bahasa Arab, S2 Ilmu Pendidikan dari Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung. Saat ini saya bekerja sebagai PNS Guru Bahasa Arab dan Pendidikan Agama Islam di SMAN 1Jampangtengah Sukabumi. Saya mau tanya, negara manakah yang paling banyak peluangnya untuk mendapatkan beasiswa ? Mohon sarannya.Terimakasih. Wassalam

    Balas

  24. palupi hapsari

    Maret 21, 2010

    saya mahasiswa semester 6.. saya ingin mendapatkan beasiswa untuk study ke jerman … bagaimana caranya?? dan apa saja persyaratannya?? program yang diberikan apa saja

    danke ^_^

    Balas

  25. Dadang supriatna, S.Pd.I

    April 7, 2010

    assalamualaikum.Wr.Wb
    saya seorang guru swasta yang ingin melanjutkan se jenjang yang lebih tinggi namun biaya yang tidak memadai, oleh karena itu semoga bapak dapat mengabulkan permohonan saya ini lewat beasiswa yang diadakan di DEPAG.
    sebelum dan sesudahnya saya ucapkan terima kasiih
    wassalam

    Balas

  26. Septi Wulandari

    April 11, 2010

    Mhon info dan bntuanny. Terima kasih

    Balas

  27. Sandy Vantika

    April 12, 2010

    saya seorang mahasisiwa S1 ITB jurusan matematika ingin melanjutkan S2 ke Jepang kira-kira beasiswa yang cocok yang mana ya?

    Balas

  28. agus prasetyo

    April 14, 2010

    saya lulusan s1 pendidikan kimia ingin melanjutkan s2 pendidikan apakah ada beasiswa yang cocok ? terima kasih

    Balas

  29. m said abdulloh

    April 21, 2010

    saya perlu info tentang beasiswa s2
    kasih kabar donk!!!!!!

    Balas
  30. saya perlu info tentang beasiswa s2 jurusan pendidikan bahasa arab. kasih kabar secepatnya ya…….. terima kasih

    Balas
  31. saya lulus sma tahun2009, tertarik pada art dan science.
    saya mohon info donk buat beasisvva s1 yang full dan overseas.
    pokoknya yang memungkinkan saya modal dengkul…

    thanks a lot!!!!

    Balas

  32. three artha

    Mei 7, 2010

    saya mahasiswi jurusan d3 kebidanan tahun depan saya akan lulus dengan gelar ahli madya kebidanan..saya ingin meneruskan s1 dengan bidang yang sesuai dengan gelar saya tapi saya mengharapkan beasiswa full sekaligus biaya hidup dan saya mohon info tentang beasiswa d korea..terimakasih :)

    Balas

  33. zeni al anisha

    Mei 14, 2010

    bulan pebruari kemaren ada beasiswa dari stain surakarta yang diadakan oleh yayasan supersemar,,kok sampai sekarang belom keluar ya??

    Balas

  34. islah

    Mei 28, 2010

    saya lulusan sma 2009, pngen dpt beasiswa buat studi s1 tahun sekarang..mohon bantuannya.
    terima kasih

    Balas

  35. irfani fathunaja

    Juni 10, 2010

    ada informasi untuk beasiswa s1 perancis pa ga ???law ada kirimin ke e_mail q ok??

    Balas

  36. gesta diniarti

    Juni 23, 2010

    saya lulusan SMA dan berniat melanjutkan studi S1 di luar negeri .
    seperti di jerman ,belanda , inggris , perancis dan australia .
    mohon informasinya di kirimkan ke alamat e-mail saya .
    terima kasih sebelumnya .

    Balas

  37. zazkya fitri sylvarez

    Juli 1, 2010

    ass .
    saya lulusan smk.
    kira” ada ga beasiswa S1 untuk lulusan smk ?
    kalo ada tolong kasih informasi universitas apa ajah yg nerima llulusan smk. .

    tolong kirim ke email saya ya. .

    makasihh. . :)

    Balas

  38. zazkya fitri sylvarez

    Juli 1, 2010

    ass .
    saya lulusan smk.
    kira” ada ga beasiswa luar negeri S1 untuk lulusan smk ?
    kalo ada tolong kasih informasi universitas apa ajah yg nerima llulusan smk. .

    tolong kirim ke email saya ya. .

    makasihh. . :)

    Balas

  39. ety viveria

    Agustus 3, 2010

    saya guru SMA lulusan s2 saya ingin informasi beasiswa S3 dalam negeri terutama daerah surakarta dan jogja

    Balas

  40. erik gunawan

    Agustus 23, 2010

    saya PNS lulusan S1 Hukum, saya membutuhkan info beasiswa S2 dalam negeri terutama daerah jogja

    Balas

  41. Johan A. Yahya

    September 4, 2010

    tlg info beasiswa S2 ikatan dinas guru (bidang studi t.elektro). saat ini sy bekerja di industri telekomunikasi, relevan jika mengambil beasiswa S2 ikatan dinas guru. info bisa dikirim ke email saya
    thx advance

    Balas
  42. adakah info beasiswa buat tahun 2011?

    Balas

  43. Sri rahayu

    Oktober 22, 2010

    Bagi yg udah berklrga bisa ga dapat beasiswa s2 s3?

    Balas

  44. bimo kusumonegoro

    November 2, 2010

    saya lulusan S2 (M.Th), sedang mencari program S3 (Doctor of Theological /D.Th) dimana saja …..

    Balas

  45. muchadi hadi

    November 12, 2010

    ass .
    saya lulusan s2 pendidikan seni .
    ingin mencari beasiswa s3 pendidikan seni, dimana saja ya…..
    tolong saya minta infonya, kirim ke email saya ya. .

    trimkasih…

    Balas
  46. sya mahasiswa D1 ingi mendapat beasiswa didalam maupun diluar negri tolang beri informasinya kpd saya di jln veteran psr v11 komplek RAM dan no Hp 082160400544 tolongya……..

    Balas
  47. Assalamualaikum……
    Saya mhon bntuannya ,,,
    Insya Allah saya ingin melanjutkan ke jenjang perguruan yang lebih tinggi…
    Namun dengan segala keterbatasan saya,,,sya ragu kalau sya bisa mlanjutkan ke jenjang itu….
    Namun saya masih brerharaf semoga mndafatkan kmudahan mndapatkan beasswa agar sya bsa mlanjutkan ke jenjang itu.
    mhon info,Do’a Dan dkungannya……
    terima kasih.
    Tlong kirim infonya lewat email saya…..

    Balas

  48. Robinsar Siagian

    Maret 1, 2011

    saya mau tanya; apakah masih ada besiswa sepenuhnya S2 di Tahun 2012? jika ada, bagaimana caranya, dan apa saja persyaratannya. tolong diberikan informasi kepada saya ke No 082113693609 atau ke e-mail saya: Robinsar.siagian@yahoo.com. terima kasih…………………

    Balas
  49. Balas

  50. tetty herman

    Mei 10, 2011

    saya mau tanya negara mana aja yang nyediain beasiswa S1 ?kok keliatannya dikit banget.mohon infonya.makasih. .

    Balas
2 Trackbacks For This Post
  1. Serumpundalamsendu's Blog

    […] Cetak […]

  2. Pendidikan dan Beasiswa « rohmatulhidayah90

    […] https://beasiswa.wordpress.com/beasiswa/ […]

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Kirimkan setiap pos baru ke Kotak Masuk Anda.

Bergabunglah dengan 138 pengikut lainnya.

%d blogger menyukai ini: