Beasiswa Depag Rp 10 M

Posted on Agustus 23, 2008

81


Depag Siapkan Dana Rp 10 M Buat Beasiswa
Arfi Bambani Amri – detikNews
Jakarta – Depag kucurkan dana segar senilai Rp 10 miliar lebih untuk beasiswa bagi siswa pesantren memasuki perguruan-perguruan tinggi unggulan tanpa tes.

“Lebih dari Rp 10 miliar kita alokasikan untuk beasiswa 300 siswa pesantren. Kita tanggung mulai sejak berangkat dari rumah sampai lulus menjadi sarjana,” kata Dirjen Pendidikan Islam Departemen Agama, Yahya Umar, dalam Orientasi Wartawan Depag di Hotel Pesona Bambu, Lembang, Jawa Barat, Kamis (25/5/2006).

Yahya Umar yang berlatar belakang Dosen Matematika ini menyebutkan Depag sudah menjalin kerjasama dengan 4 perguruan tinggi (PT) unggulan yakni ITB, IPB, ITS dan UGM.”Satu lagi UI, masih dalam tahap negosiasi,” terang Yahya.

Kerjasama ini dalam bentuk masing-masing perguruan tinggi tersebut memberikan 60 kursi S1 untuk siswa-siswa madrasah di seluruh pelosok Indonesia tanpa melalui tes masuk.

“Syaratnya hanya harus rangking 5 besar di madrasah dalam lingkungan pesantren tersebut,” tambah Yahya.

Tak hanya siswa, Depag juga sudah menyekolahkan 675 guru madrasah menempuh jenjang S2 ke berbagai PT dan Universitas Islam Negeri (UIN) unggulan.

“Untuk guru, 675 kita S2-kan. Khusus untuk guru kimia, matematika, fisika, dan Bahasa Inggris kita sekolahkan ke UGM, ITB, dan sebagainya. Untuk guru agama ke berbagai UIN unggulan,” terang Yahya.

Yahya menyebutkan direktorat yang berada di bawah kepemimpinan dia ini akan lebih memfokuskan diri pada pemberian beasiswa pendidikan sebagai taktik untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam.

“Penataran-penataran dan rapat-rapat yang tidak perlu dihilangkan, dananya dialihkan untuk beasiswa saja,” tegas Yahya.
(ahm/)